Membedakan Sepatu Safety Kulit Asli dan Sintetis dari mekaltrade

sepatu safty asli

Menilai sepatu yang berbahan dasar kulit sepintas terlihat sama tidak ada yang signifikan bila melihatnya, namun apabila dilihat secara detail nampak sepatu tersebut akan terlihat perbedaannya, apakah sepatu safety pria kulit tersebut asli atau sepatu kulit tersebut sintetis. Di dalam memilah serta memilih sangat perlu diperhatikan apakah sepatu kulit tersebut asli ( original ) atau sintetis dengan kata lain imitasi, tentunya menggunakan sepatu safety kulit sintetis baik pria maupun wanita sah-sah saja, tidak perlu dipermasalahkan, akan tetapi sangat mempengaruhi dari kualitas produk sepatu kulit tersebut.

Sepatu safety kulit asli sangat unggul dan tahan lama di dalam penggunaannya, namun berbeda dengan sepatu kulit yang sintetis justru kebanyakan sebaliknya dari yang original tersebut. Namun jangan khawatir, masih ada banyak cara bagi kita yang awam tentang dunia persepatuan, termasuk pula bagaimana mengetahui ciri sepatu kulit palsu dan kemudian membedakannya dengan yang asli. Tips-tips berikut secara tak sadar akan membuat kita perlahan menjadi seorang expert yang bisa mengetahui seluk beluk sepatu kulit yang bahkan bisa jadi penjualnya sendiri pun tidak tahu.

Cara Membedakan Sepatu safety Kulit Asli dan Sintetis

Beberapa orang terkadang masih kebingungan dalam membedakan mana sepatu kulit asli dan yang palsu. Dalam hal ini, palsu yang dimaksud adalah sepatu safety kulit yang menggunakan bahan sintetis (olahan). Perbedaan utama dari kulit asli dan kulit sintetis biasanya terletak pada kualitas dan daya tahannya. Berikut beberapa cara untuk mengetahui mana sepatu kulit asli (genuine leather) dan sepatu sintetis (faux leather).

1. Cek Label Produk

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui jenis bahan yang digunakan maupun keaslian dari suatu produk adalah dengan memeriksa labelnya. Biasanya produk sepatu safety kulit sintetis tidak menyebutkan secara gamblang mengenai jenis bahan pembuatannya, melainkan memakai beberapa istilah penamaan seperti ‘manmade materials’, ‘fabric materials’ dan yang semacamnya.

2. Cek Tepian Produk
Jika kita lihat lebih detail, produk berbahan kulit sintetis akan tampak lebih sempurna pada bagian sisi-sisi maupun tepinya. Selain itu produk sepatu sintetis akan terasa seperti busa atau plastik, sedangkan produk kulit asli cenderung terasa lebih kasar.

3. Cek Pori-Pori Bahan
Pori-pori yang ada pada sepatu berbahan sintetis akan tampak lebih rapi dengan bentuk dan jarak pori-pori yang lebih konsisten. Sementara pori-pori pada produk sepatu bahan kulit asli terlihat lebih tidak beraturan.

4. Sentuh dan Rasakan Bahan Kulitnya
Produk sepatu berbahan kulit sintetis biasanya akan cenderung lebih melar saat diregangkan. Selain itu, pada sepatu safety kulit asli saat disentuh bisa terasa kasar atau halus, tergantung dari kualitasnya. Namun jika bahan kulitnya terasa terlalu halus atau terasa seperti menyentuh plastik maka kemungkinan besar itu adalah kulit sintetis.

5. Cium Bau / Aroma Sepatu
Bahan kulit asli biasanya memiliki ciri bau atau aroma khas yang tidak dapat ditiru oleh bahan kulit sintetis. Namun untuk bisa seperti demikian, kita juga harus bisa mengenal dan membedakan aroma kulit asli dengan kulit sintetis terlebih dahulu. Caranya dengan sering-sering mencium aroma bahan kulit asli yang anda miliki atau dengan mendatangi toko produk kulit asli kemudian membedakan dengan aroma dari produk kulit sintetis.

6. Periksa Harganya
Sudah barang umum jika sepatu berkualitas tinggi akan memiliki harga yang tinggi pula. Sama halnya dengan sepatu safety kulit asli, harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan sepatu kulit berbahan sintetis. Jadi jika ada sepatu kulit asli dengan harga sangat murah, atau bahkan lebih murah dari sepatu sintetis, maka patut dicurigai.

7. Lihat Kondisinya Saat Dibakar
Ini merupakan alternatif terakhir untuk melihat apakah sepatu tersebut benar-benar berbahan kulit asli atau sintetis. Karena membakar sebagian kulit sepatu walaupun hanya sedikit merupakan hal yang riskan, terutama jika kita lakukan langsung di depan penjual sepatu. Sepatu safety pria kulit asli membutuhkan waktu lebih lama dan susah dibakar, namun ketika sudah terbakar akan langsung berubah menjadi abu. Berbeda dengan sepatu kulit sintetis, ketika dibakar akan langsung meleleh seperti plastik.

Ok, sekian informasi Membedakan Sepatu Safety Kulit Asli dan Sintetis dari mekaltrade dari kami semoga bermanfaat dan jika ada kesalahan informasi. Jangan lupa isi di kolom komentar atau follow IG. FB, Twitter dan Youtube.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *