3 Tips Memulai Bisnis Kuliner

bisnis kuliner

Memiliki usaha sendiri memang lebih menyenangkan, ketimbang harus menjadi pegawai di tempat orang lain. Namun kebanyakan orang beralasan jika membuka usaha harus memiliki modal yang cukup besar. Hal tersebut memang benar, karena tanpa modal usaha akan sulit untuk dijalankan. Tapi ada yang menggunakan modal besar, ada juga yang sedikit tergantung dari jenis usaha itu sendiri. Salah satu usaha yang menggunakan modal kecil adalah usaha di bidang kuliner. Anda bisa membuat beberapa makanan saja dan mulai untuk dipasarkan. Tapi ada juga yang menjadi reseller, dimana usaha tersebut bisa dilakukan tanpa modal. Ataupun bermitra dengan brand yang sudah ternama atau istilah kerennya yaitu franchise atau waralaba. Dengan cara tersebut, anda bisa menjual produk orang lain dengan cara yang lebih mudah. Konsep bisnis kuliner tersebut saat ini sedang trend sekali, bahkan para pemula pun bisa melakukannya.

Namun walaupun bisnis kuliner yang anda lakukan adalah usaha miliki sendiri ataupun orang lain, anda mesti tahu strategi dalam berbisnis. Hal ini penting dilakukan, mengingat usaha di bidang makanan telah banyak dilakukan. Nah berikut adalah tips sukses berbisnis kuliner bagi pemula, diantaranya yaitu :

  • Tentukan target pasar

Sebelum anda memulai untuk berbisnis dalam bidang makanan, maka anda mesti menentukan target pasar untuk produk yang akan anda jual. Anda tinggal memilih calon konsumen untuk dijadikan target pasar seperti masyarakat umum, pekerja kantoran, pegawai swalayan, siswa, mahasiswa, ataupun karyawan. Jika sudah menentukan target, maka anda bisa menentukan produk makanan apa saja yang akan digemari oleh mereka.

  • Lokasi strategis

Setelah anda menemukan produk yang sesuai dengan calon target konsumen anda, maka anda tinggal mencari tempat yang strategis. Pilih tempat yang nyaman untuk anda berjualan seperti food court, kantin, ataupun pusat jajanan lainnya.

  • Selalu berinovasi

Dalam usaha makanan tentunya akan ada banyak pesaing, anda mesti membuat inovasi terbaru dan beda dari yang lain. Inovasi tersebut bisa anda lakukan dari mulai bahan, cara pengolahan, cara penyajian, pelayanan, dan lainnya. Itulah tips yang bisa anda coba ketika memulai untuk berbisnis makanan. Selamat mencoba.

Ok, sekian informasi 3 Tips Memulai Bisnis Kuliner dari kami semoga bermanfaat dan jika ada kesalahan informasi. Jangan lupa isi di kolom komentar atau follow IG. FB, Twitter dan Youtube.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *